Leadership is...

Leadership is learnership

It's all about constant growth and achieving more than expected;

It's searching for opportunities in everyday activities and learning through experience;

It's about building skills for today and tomorrow.

(John F. Kennedy's undelivered speech as quoted by DDI's Achieving Your Leadership Potential Workbook)

Inbox

Monday, November 30, 2009

Belajar Dari Jordan, Sahabat Sejati

Ahmad Mukhlis Yusuf

"Tidur siang terlalu mahal buat kita! Asrama ini dibayar rakyat, SPP kita juga dibayar rakyat!" begitu kata kawan saya, Jordan, pada suatu siang akhir tahun 80an membangunkan saya.

Asrama kami dikenal dengan nama Asrama Felicia IPB, hanya bisa dihuni oleh maksimal 15 orang. Model bangunan tua, warisan Belanda. Asrama tersebut hingga kini masih ada. Dua tahun lalu, asrama tersebut sempat jadi lokasi shooting film "Perempuan Berkalung Sorban".

Siang itu, dengan agak dongkol namun dalam hati saya membenarkan teguran itu, saya terbangun dari tidur siang yang jarang saya nikmati. Siang itu, kami tertidur sejenak untuk menghilangkan penat setelah seminggu menyelenggarakan pelatihan kepemimpinan tingkat nasional sebuah organisasi extra-universiter di Bogor.

Teguran itu, bukan satu-satunya kebiasaan yang Jordan lakukan terhadap kami. Dia juga mengajak teman-temannya berdisiplin untuk total berorganisasi, sebagai cara untuk membayar utang pada rakyat, katanya.

Selama tinggal di asrama, dia paling sering mengkritik paper dan materi-materi kultum subuh yang bergiliran kami lakukan. Kuliah tujuh menit (kultum) sehabis sholat subuh, membuat paper, presentasi, diskusi, latihan jadi pengarah diskusi, dan mengisi hari-hari sebagai penggiat organisasi kemahasiswaan adalah hari-hari yang membuat asrama tersebut tidak pernah sepi.

Dia juga yang paling sering memprovokasi rapat-rapat pengurus asrama, forum diskusi coffee morning yang dilakukan setiap hari minggu pagi dan rapat-rapat kepengurusan organisasi agar terus kritis, meski kadang rapat baru selesai dengan diakhiri sholat subuh berjamaah.
Selengkapnya, sahabat dapat mengklik http://www.antaranews.com/kolom/?i=1256877854


No comments: